Kurang Populer Di Indonesia, Ternyata Softball Memiliki Sejarah yang Unik

olahraga softball

Tahu kan softball? Ya! Permainan ini sering kita jumpai di serial atau film dari barat, entah itu inti cerita utama atau sekedar selingannya. Uniknya, kebanyakan softball ini menjadi ajang gengsi dalam adegan film tersebut dimana ketika anak sekolah join olahraga ini pasti di bilang keren.

Di Indonesia sendiri permainan ini nyaris tidak terdengar gaungnya dan kalah populer dengan bulutangkis atau sepak bola. Makanya, hal-hal menarik tentang sejarah softball pun kita tidak begitu familiar. Tapi tahukah kamu kalau ada hal lucu yang bisa kamu simak soal sofball ini?

Fakta Unik Tentang Sejarah Softball yang Jarang Orang Tahu

Softball Ada Sejak Akhir Abad Ke-19

Tahun 1887, George hancock memperkenalkan permainan softball di Chicago, Amerika Serikat. Anggota pemain softball ini terdiri dari 9 orang pemain danĀ  hanya menggunakan sarung tinju yang dililit dan gagang sapu sebagai pemukul bola.

Uniknya, softball ini lahir secara tidak sengaja. Di tahun 1887, olahraga ini dimainkan oleh lulusan Universitas Yale dan Harvard. Saat itu mereka berkumpul di Farragut Boat Club, Chicago demi menyaksikan skor akhir sepak bola tahunan. Nah, saat skor sudah diumumkan dan taruhan sudah dibayar, suporter dari universitas Yale tiba-tiba melemparkan sarung tinju yang dililitkan kearah suporter harvard. Secara tidak sengaja, seorang alumnus Harvard mengambil gagang sapu lalu memutarnya di tengah keriuhan. Nah, spontan George Hancock meneriakkan ‘Play Ball!’, kemudian ia mengikatkan sarung tinju tersebut kemudian menggunakan gagangnya sebagai bat atau alat pemukul. Nah, dari sinilah ide softball lahir.

Awalnya Softball Ditujukan Untuk Perempuan Saja

pemain softball

Tidak seperti baseball yang mana jarak setiap basenya adalah 90 kaki. Nah untuk softball jaraknya lebih pendek dengan ukuran 60 Kaki. Mungkin ini menjadi salah satu alasan kenapa softball dimainkan oleh lelaki dan perempuan. Dan lama-lama permainan ini berkembang menjadi olahraga yang menyenangkan.

Softball Adalah Permainan Indoor

Tahukah kamu kalau olahraga softball ini dulu sebenarnya adalah olahraga indoor?

Memang sebenarnya olahraga ini hanya digunakan untuk meningkatkan ketajaman bermain baseball di saat musim dingin. Namun karena dinilai tidak berkembang, H Fiscer dan MJ Panley mencoba membuat terobosan dengan memindahkannya ke area outdoor di tahun 1930. Menariknya setelah perubahan ini, softball lebih berkembang dan sempat diadakan kejuaraan dunia di tahun 1933. Hanya dalam 3 tahun saja, kepopuleran softball ini sudah menjalar ke belahan dunia lain.

Softball Sudah Dimainkan Di 140 Negara

Meskipun tidak populer di Indonesia, ternyata softball sudah dimainkan di 140 negara, loh! Amateur Association of Softball yang bertempat di Amerika adalah lembaga yang bertanggungjawab dan membawahi permainan, juga regulasi peraturannya.

Olahraga Softball Masuk Dalam Cabang Olahraga Olimpiade

softball

Pertandingan softball wanita pertama kali dimasukkan dalam Olympic Summer Games 1996 yang dilaksanakan di Atlanta, Georgia. Saat itu, Amerika berhasil merebut emas dalam ajang perdana mereka.

Pertandingan softball wanita ini juga diselenggarakan di tahun 2000, 2004 dan 2008 saat Olimpiade Atena di Yunani, Sydney Australia dan China.

Indonesia Baru Mengenal Softball Tahun 1967

Tepat setelah pengenalan softball tahun 1967 lalu, Indonesia langsung membentuk Softball Amatir Seluruh Indonesia (PERBASI). Di tahun 1969, permainan ini masuk dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) di Surabaya. Sampai sekarang permainan ini menjadi cabang olahraga wajib di pesta olahraga PON.

Meskipun tidak populer di sini, terbukti softball menjadi permainan yang paling menyenangkan untuk dicoba oleh segala usia. Kamu tidak ingin coba?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •