Kriket, Permainan Unik yang Menyenangkan dan Menyehatkan Badan

olahraga kriket

Pernahkah anda mendengar nama permainan Kriket? Olahraga yang satu ini belum terlalu familiar di telinga orang Indonesia. Kriket merupakan olahraga yang dimainkan antara dua kelompok. Masing-masing kelompok biasanya terdiri dari sebelas orang. Olahraga yang satu ini sangat populer di Inggris dan negara-negara persemakmurannya. Bukan hanya di Inggris, kriket juga popular di beberapa negara Sri Lanka, Pakistan, India dan sebagainya. Olahraga ini melibatkan pemukul dan bola. Tujuan dari olahraga ini sebenarnya siapa yang lebih banyak memasukkan bola atau membuat skor, maka tim itulah yang menang. Sebenarnya, olahraga ini seperti apa sih? Berikut penjelasan singkat mengenai olahraga ini.

Aturan Bermain Kriket

Untuk urusan jumlah pemain, kriket membutuhkan 11 pemain untuk masing-masing tim, sama seperti sepakbola. Permainan ini dimainkan dalam sebuah lapangan berbentuk lingakaran atau oval. Selain itu, bagian luar lapangan dibatasi oleh sebuah pembatas berupa ujung tribun, tali, pagar, atau sebuah garis. Pembatas ini sebisa mungkin berada pada keseluruhan sisi lapangan.

Pada bagian tengah lapangan, terdapat bagian pitch yang berbentuk persegi panjang. Pitch sendiri memiliki lebar selebar 3 meter yang ditandai dengan ukuran rumput yang lebih pendek daripada bagian lapangan luar. Selain itu, setiap ujung pitch terdapat sebuah sasaran yang dinamakan wicket. Biasanya, jarak antara wicket di bagian tersebut sepanjang 20 meter.

Sama seperti pertandingan bola, kapten dari masing-masing tim akan melakukan pengundian koin untuk menentukan siapakah yang akan menjadi pemukul pertama di laga itu.

Dalam kriket, setiap babak permainan menggunakan istilah innings. Layaknya permainan baseball, ada satu tim yang bertugas untuk melakukan run dan tim lawan bertugas untuk menjaga bola atau mencegah tim lawan melakukan run dan juga menggagalkan usaha pemukul.

Dalam sebuah pertandingan kriket, ada 2 sampai empat innings yang ada. Jika sebuah innings berakhir maka, kedua tim akan saling berganti peran. Jika awalnya, tim A berkedudukan sebagai tim yang melakukan run maka, mereka akan berganti peran dengan tim B yang sebelumnya bertugas untuk menjaga. Untuk tim yang bertugas sebagai pemukul, hanya akan ada 2 orang saja yang bertugas. Biasanya, urutan pemain yang bertugas sebagai pemukul akan diumumkan sebelum pertandingan dimulai. Kriket menggunakan bola berlapis kulit dengan diameter sebesar 22,9 cm. Untuk tongkat pemukulnya, kriket membutuhkan sebuah tongkat yang terbuat dari kayu dan juga berbentuk bilah dan pegangan berbentuk silinder.

Organisasi yang Mengatur Kriket

international cricket council

Kriket diatur dalam sebuah organisasi internasional bernama ICC, kepanjangan dari International Cricket Council atau dewan kriket internasional. Berdiri pada tahun 1909, organisasi ini sendiri berkedudukan di Dubai. ICC memiliki tugas untuk mengatur aturan dan juga organisasi turnamen. Selain itu, ICC juga bertugas untuk menyelenggarakan turnamen internasional seperti piala dunia kriket. Setiap Negara juga memiliki organisasi nasional yang bertugas untuk mengatur pertandingan kriket yang terselenggara di Negara masing-masing.

Untuk saat ini, ada 12 negara yang terdaftar sebagai bagian dari ICC seperti Inggris, Pakistan, Irlandia, Australia, dan juga Negara-negara lainnya yang masih tergabung sebagai Negara persemakmuran atau yang sudah keluar dari bagian tersebut.

Selanjutnya, ada kriket over terbatas yang biasanya akan selesai dalam satu hari saja. Untuk kriket yang satu ini, ada 2 jenis pertandingan yang dimainkan. Biasanya, pemenang dalam pertandingan ini ditentukan oleh berapa banyak run yang dicetak oleh sebuah tim sehingga, tidak ditentukan oleh jumlah out dan draw yang tercipta.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •